LightBlog

10 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui Tentang Google


Ridwan's Side - Google akan menginjak tahun ke ke-10 pasca melantai bursa (IPO) dalam dua pekan ke depan. Terkait perjalanan dalam satu dasawarsa tersebut, berikut 10 hal yang mungkin belum Anda ketahui tentang Google.

1. Pemasukan didominasi iklan
Tahukah Anda jika 90% pendapatan Google bersumber dari iklan? Pemasukan di kuartal terakhir menembus USD 16 miliar dan dari sekitar Rp 188 triliun tersebut hampir 100% bermuara dari iklan.
2. Saham ‘tak laku’
Tatkala terjun ke IPO, tidak sedikit mereka pegiat teknologi di Silicon Valley tidak tertarik dengan saham Google. Satu pendiri Apple, Steve Wozniak mengaku tidak membeli saham GOOG (nama saham Google di Nasdaq).
3. Sergey Brin dan Larry Page masih ‘berkuasa’
Saham GOOG dibagi ke beberapa kelas yang dimiliki sejumlah investor. Imbasnya, dua founder di atas untuk kepemilikan saham mereka alami penyusutan. Namun, keduanya masih miliki kuasa yang kuat.
4. Karyawan Google jadi ‘OKB’
Pasca IPO, setidaknya ada 1.000 karyawan Google yang mendadak jadi ‘orang kaya baru’. Dan tentu saja bagi Brin dan Page yang sudah kaya waktu itu jadi makin kaya raya.
5. Sebar internet lewat satelit
Ada satu misi Google yang kini sedang mereka kerjakan. Dengan investasi lebih dari USD 1 miliar, raksasa internet tersebut ingin menyebar internet ke wilayah tertinggal lewat 180 satelit yang mengorbit Bumi di ketinggian rendah.
6. Kantor pertama di garasi
Google memulai bisnisnya dari nol di sebuah garasi milik Susan Wojcicki – kini kepala Yotube – di Menlo Park. Ini seperti Hewlett-Packard dan Apple. Pada Februari 1999 mereka pindah ke kantor pertama di Palo Alto.
7. Buah jatuh tak jauh dari pohon
Carl Page, ayah Larry Page adalah pelopor ilmu komputer. Ia seorang peneliti dan perintis ilmu komputer dan kecerdasan buatan. Bergelar PhD di ilmu komputer tahun 1965, ia kemudian mengembangkan kurikulum untuk mahasiswa pascasarjana di Michigan State University dan satu dari anggota falkutas pertama di departemen ilmu komputer.
8. Mengindeks triliunan web
Hingga hari ini Google telah mengindeks lebih dari 60 triliun laman web. Jumlah tersebut kian hari terus bertambah.
9. ‘Wajah’ pertama Google
Penasaran dengan tampilan pertama Google di era 90-an? Silakan intip di tautan berikut.
10. Anjing pertama Google
Di tahun 1999, Google miliki anjing pertama mereka yang bernama Yoshka. Anjing tersebut milik Urs Holzle, wakil presiden infrastruktur dan teknik Google. Tugas pertama Holzle kala itu di Google hanya untuk ‘menunggu’ petugas UPS (semacam JNE) datang. (sidomi)
Share on Google Plus

About Ridwan Elza Putra

1 Tanggapan:

Silahkan masukan pesan, kesan, dan komentar anada
Terima Kasih