LightBlog

Charles Babbage ( 26 Desember 1791 - 18 Oktober 1871 ), Sang Penemu komputer


Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage ( 26 Desember 1791 - 18 Oktober 1871 ). Ia menciptakan Difference Engine No.1 yaitu kalkulator otomatis pertama di dunia. Hal itu menyebabkan ia dijuluki bapak komputer.

Charles Babbage lahir di London, Inggris, 26 Desember 1791. Pada tahun 1811, ia masuk Trinity Collage di Cambridge. Saat ia melaksanakan studi, kemampuan matematikanya meningkat, bahkan melampaui tutornya sendiri. Tahun 1816, dia dipilih sebagai anggota "Royal Sociaty " dan berperan penting di lembaga " Astronomical Sociaty ". Tahun 1821,Charles Babbage menciptakan Difference Engine. Saat melengkapi Difference Engine, dia menemukan ide tentang mesin yang lebih baik yang dikenal dengan nama Analytical Engine ( 1856 ).

Tahun 1828 sampai 1839, ia mendapatkan gelar The Lucasian Chair Of Mathematics dari dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Charles Babbage juga memberikan berbagai kontribusi lain seperti sistem pos modren di Inggris, Locomotive Cowcather dan masih banyak lagi.

Glosarium
- Royal Sociaty = Organisasi Sains dan Akademis Independent Inggris Raya.
- Astronomical Sociaty = Organisasi Astronomi dan Geofisika Independent Inggris Raya.
- Locomotive Cowcather = Struktur bebentuk segitiga didepan kereta api.
Share on Google Plus

About Ridwan Elza Putra

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Silahkan masukan pesan, kesan, dan komentar anada
Terima Kasih